Posted by Unknown | 1 comments

Cara membuat kabel Jaringan (LAN)

Sebelum ada teknologi wifi atau wireless, semua koneksi jaringan didunia menggunakan kabel. Kabel yang biasa digunakan untuk koneksi internet bermacam-macam, yaitu : kabel Coaxial, Fiber Optic, UTP (Unshield Twisted Pair), STP (Shield Twister Pair)
Kabel jaringan yang kita bahas adalah kabel UTP jenis Straight dan Cross

Kabel straight adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan komponen yang berbeda. Misalnya komputer-hub, hub-switch dan lain-lain.
Kabel cross adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan komponen yang sama. Misalnya komputer-komputer, komputer-laptop, hub-hub dan lain-lain.

Cara membuat kedua kabel LAN tersebut sama. Cuma susunan warna kabel yang berbeda.















Alat dan bahan:
-    Kabel UTP. Panjang bisa ditentukan sendiri









-    Konektor RJ 45









-    Tang Krimping







-    Kabel tester









Langkah-langkah :
-    Pada salah satu ujung kabel, kupaslah kulit kabel sedemikian rupa sehingga nampak seperti gambar    dibawah ini.

-    Kemudian luruskan kabel agar mudah masuk kedalam konektor sambil menyusun warna kabel sesuai dengan jenis kabel yang ingin sobat buat.
-    Potong kabel agar rata dan tentukan panjangnya agar nanti pada saat memasukkan ke konektor ada sebagian kulit kabel yang ikut masuk yang nantinya akan memperkuat pegangan kabel.
-    Setelah di potong, masukkan kabel tersebut ke dalam konektor lalu dorong kuat-kuat sambil lakukan proses krimping, yaitu memasukkan konektor ke tang krimping lalu tekan agar kuningan pada konektor dapat menembus kabel-kabel UTP tersebut.
-    Lakukan hal yang sama pada ujung kabel yang satunya.
-    Jika sudah selesai, tes kabel yang sobat buat dengan kabel tester.
-    Jika sobat buat kabel Straight, maka nyala lampu sebelah kanan dan kiri akan berurutan dari 1 sampai 8. Jika ada lampu yang tidak menyala atau acak, coba pastikan susunan kabel sobat sudah benar dan kuningan konektor sudah menembus kabel. Bisa diulang proses krimpingan jika kurang pas kuningan konektor masuk. Jika susunan kabel ada yang terbalik, maka sobat harus memotongnya dan mengulang untuk membuatnya. Karena konektor tersebut hanya sekali pakai.
-    Jika sobat membuat kabel Cross, maka nyala lampu kiri dengan kanan akan sesuai dengan susunan kabel yang sobat pasang, yaitu 
1 - 3
2 - 6
3 - 1
4 - 4
5 - 5
6 - 2
7 - 7
8 - 8
Jika tidak, maka sobat lakukan seperti yang diatas.


Demikian langkah-langkah membuat sebuah kabel jaringan. Sekedar pengalaman saya, pada waktu saya masih di bangku smk, proses pembuatan kabel ini yang paling sulit adalah disaat menata, memotong agar sesuai panjangnya dan mengkrimpingnya. Perlu sering dilatih agar sobat terampil membuat kabel jaringan. Pada saat itu saya diberi kabel 1 meter dan 5 buah konektor RJ45 dan setelah jadi kabelnya menjadi sekitar 70 cm dan konektor habis, hehehehe ......... tapi saya berhasil membuat kabel straight walaupun belum rapi. Sekian info dari saya, semoga dapat membantu sobat.

1 comment:

Terimakasih sudah berkunjung ... Silahkan bekomentar jika artikel ini membantu ....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...