Posted by Unknown | 0 comments

Diagnosa komputer tidak tampil di monitor

Apa kabar sobat... semoga baik-baik saja dan sehat selalu... Mungkin sobat juga pernah mengalami hal yang serupa dengan saya. Masalah yang sering dialami yang gampang-gampang susah untuk diperbaiki yaitu tidak tampilnya layar dimonitor.
    Bunyi bip tanda post pun kadang2 tidak terdengar. Jika itu terdengar, setidaknya memudahkan kita untuk menemukan masalahnya. Tapi bip tersebut untuk masing-masing merk bios berbeda-beda artinya. Sekedar untuk sharing dan mengingatkan saja, berikut diagnosa yang bisa dilakukan.

Masalah : Komputer tidak tampil di monitor tapi cpu hidup

1. Cek kabel VGA
yang terhubung dari monitor ke komputer, pastikan pasangannya sudah benar dan kuat. Jika sobat yakin bahwa monitor bagus, bisa dilanjutkan kediagnosa selanjutnya. Jika tidak , coba diganti dengan monitor lainnya.
2. Bersihkan memory
Buka casing komputer kemudian buka memory lalu bersihkan dengan penghapus karet. Bersihkan juga slot dengan kuas.  Kemudian pasang kembali dengan benar. Sobat bisa ganti dengan memory lain jika milik sobat memang rusak.
3. Cek VGA card
jika menggunakan vga card, sobat bisa membersihkannya layaknya membersihkan memory. tapi jika menggunakan vga onboard, diusahakan cari / pinjamkan vga card untuk memastikan kalau vga onboardnya yang bermasalah.
4. Cek Power Supply
Tegangan yang dikeluarkan power supply yang tidak lagi bagus juga mempengaruhi kinerja komponen komputer yang bisa juga mengakibatkan masalah tersebut. Kita bisa mengetahui dengan cara melihat putaran kipas PS yang tidak lagi kencang seperti biasanya. Kita tidak bisa berbuat banyak dengan masalah ini, hanya bisa mencoba mengganti dengan PS yang lain.
5. Motherboard
Vonis terakhir yang bermasalah adalah motherboard. Mau tidak mau harus dicoba dengan motherboard lain.

Untuk penyelesaian masalah diatas, sangat disarankan untuk menggunakan sistem "Kanibal" yaitu mengganti komponen2 yang dicurigai bermasalah. Dengan begini, kita tak perlu mengira-ngira masalah pada komputer kita. Perbaikan pada komponen yang diketahui rusak, tidak akan bertahan lama.
Misalnya masalah pada power supply, dari sekian masalah yang saya temukan, saat power supply yang bermasalah, konsumen tidak mau mengganti power supply tapi memperbaiki power supply tersebut. Kondisi power supply yang sudah diperbaiki tidak akan bertahan lama. Saya juga tidak tahu mengapa.
Dan juga pernah terjadi masalah tidak tampil dimonitor yang penyebabnya hanya masalah pada baut pada motherboard saja. Saya mengurangi baut yang terpasang pada motherboard yang tertempel pada casing. masalah selesai.
Ini hanyalah sebuah pengalaman yang berbicara, mungkin sobat punya pengalaman lain yang bisa sobat tambahkan disini.... Semoga membantu

0 comments:

Terimakasih sudah berkunjung ... Silahkan bekomentar jika artikel ini membantu ....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...